Minggu, 19 Januari 2014

Fakta Ilmiah Soal Manfaat Minum Air Putih Setiap Hari

Manfaat Air Putih

Saat sedang dalam perjalanan, minuman apa yang Anda jika merasa haus? Air putih mungkin tidak akan menjadi pilihan utama. Kebanyakan orang lebih memilih softdrink untuk mengatasi dahaga saat dalam perjalanan.

Air putih memang kalah populer dibanding softdrink. Namun semoga setelah membaca catatan ini dan mengetahui berbagai manfaat air putih, Anda akan berubah fikiran dan menjadikan air putih sebagai minuman yang paling dipilih untuk menghapus dahaga Anda.

Berikut adalah 6 manfaat air putih bagi tubuh kita:


1. Mempertahankan keseimbangan cairan tubuh
Fakta medis menunjukkan bahwa 60 persen tubuh manusia terdiri dari cairan untuk transportasi nutrisi, proses pencernaan, sirkulasi, penyerapan, produksi air ludah, dan mempertahankan suhu tubuh.

2. Mengendalikan kalori
Program diet akan berhasil jika Anda memilih air atau minuman non-kalori sebagai pengganti minuman yang kalori. Lalu diet dengan makanan yang kaya cairan yang lebih menyehatkan, berisi dan membantu Anda memangkas kalori.

3. Membantu bangkitkan otot
Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya berkurang.
Direkomendasikan untuk meminum 17 ons cairan dua jam sebelum melakukan olah raga.

4. Menjaga kulit tetap bercahaya
Kulit Anda sebenarnya mengandung banyak air dan berfungsi sebagai benteng dalam mencegah ekses hilangnya cairan tubuh.

5. Memelihara fungsi ginjal
Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urine akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Jika Anda minum sedikit air, risiko Anda mengalami batu ginjal akan meningkat terutama pada iklim hangat atau panas.

6. Mempertahankan fungsi normal usus
Ketika Anda tidak punya cukup cairan, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk tetap menjaga hidrasi. Alhasil, tentu saja buang air besar Anda akan bermasalah.