Senin, 25 Agustus 2014

Ini Dia Cara Menggunakan Google Street View Indonesia

Google Street View telah merambah ke Indonesia dan saat ini telah menambahkan empat area yang dapat kita susuri menggunakan aplikasi Google Maps. Empat area tersebut adalah Jakarta, Surabaya, Bogor, serta Bali.

Street View adalah proyek Google dalam membuat dokumentasi pemandangan jalan yang nantinya akan menghasilkan foto panorama 360 derajat, proyek ini dimulai pada tahun 2007 lalu.

Di Indonesia sendiri, proyek ini dimulai pada akhir tahun 2012 lalu. Menggunakan lebih dari 10 unit mobil bersenjatakan kamera 360 derajat, Google menjadikan Jakarta sebagai kota pertama di Indonesia yang digarap untuk proyek Street View.

Setelah berjalan selama kurang lebih dua tahun, akhirnya pada Kamis, 21 Agustus 2014, Google secara remi meluncurkan layanan Street View untuk Indonesia walau baru mencakup empat area kota besar saja.

Penasaran ingin mencoba menjelajahi Indonesia secara virtual melalui Street View menggunakan PC atau Gadget? Ini dia cara mudah mengakses Google Street View Indonesia.

Cara Menggunakan Google Street View Indonesia di PC

Melalui browser favorit Anda, buka halaman http://maps.google.com lalu ketik nama lokasi atau kota yang akan ditelusuri. Jakarta, Surabaya, Bogor, serta Bali adalah area yang bisa Anda jelajahi menggunakan Street View.

Google Street View Indonesia via PC

Di sudut kanan bawah tampilan Google Maps terdapat menu "Street View" menggunakan ikon manusia berwarna kuning. Klik ikon tersebut, lalu seret/drag ke area yang ingin Anda telusuri.

Cara lainnya adalah dengan memilih/klik jalan yang ingin ditelusuri, di pojok kiri atas halaman Google Maps akan muncul info nama jalan dan menu Street View.

Cara Menggunakan Google Street View Indonesia di Smartphone / Tablet

Layanan Google Street View juga bisa diakses melalui smartphone dan tablet yang menggunakan OS Android atau iOS.

Untuk mencobanya, buka aplikasi Google Maps lalu pilih salah satu jalan di peta. Tekan dan tahan di area yang ingin ditelusuri sampai muncul pin merah (Dropped Pin).

Nama jalan akan tampil di bagian bawah, klik nama jalan tersebut, jika Street View tersedia maka akan muncul foto dengan tulisan "Street View". Klik foto tersebut dan Anda bisa mulai menjelajah jalanan dan melihat-lihat area di sekitarnya.

Google Street View Indonesia via HP / Tablet

Google Street View sejauh ini telah mendokumentasikan beragam area di 57 negara di dunia. Beberapa diantaranya adalah negara-negara di Asia seperti Jepang, Taiwan, Hongkong, Makau, Singapura, Thailand, dan Indonesia.

Setelah Jakarta, Surabaya, Bogor, serta Bali, kita tunggu kota mana lagi yang akan "disentuh" oleh Google Street View di Indonesia.