Senin, 27 Mei 2013

Inilah Ular Piton Burma Terpanjang di Dunia

Rekor ular Piton Burma terpanjang di dunia yang sebelumnya dipegang piton sepanjang 5,4 meter yang tertangkap bulan Agustus 2012 akhirnya dipecahkan oleh seekor piton Burma yang memiliki panjang 5,7 meter.

Ular tersebut ditemukan secara tidak sengaja dan ditangkap oleh Jason Leon yang sedang berkendara malam hari di daerah pedesaan Miami, Dade County, Florida.

Menangkap "ular raksasa" sepanjang hampir 6 meter tentu saja bukan pekerjaan yang mudah. Setelah bergumul beberapa saat dan akhirnya dibantu oleh warga sekitar, akhirnya pemuda berusia 23 tahun tersebut berhasil reptil yang di Florida dianggap sebagai salah satu masalah serius.

Piton Burma, atau Python bivittatus, termasuk spesies ular constrictor dan berasal dari India dan Asia timur dan bisa mencapai panjang 6 meter. Dalam 3 dekade ini, sekitar 1 juta Piton Burma telah diimpor ke Amerika Serikat sebagai hewan peliharaan yang kemudian melarikan diri atau dilepas pemiliknya setelah tumbuh terlalu besar.

Foto Ular Terpanjang di Dunia
Reuters/Florida Fish and Wildlife Conservation Commission

Everglades yang merupakan area subtropis basah merupakan habitat kesukaan Piton Burma di Florida


Saat tumbuh besar, ular ini tidak lagi memiliki predator alami dan bisa mengakibatkan kekacauan pada ekosistem. Ditambah lagi dengan sifat invasif yang dimilikinya, Piton Burma menjadi ancaman serius bagi manusia.

Hal ini membuat Florida Fish and Wildlife Conservation Commission (FWC) menganggap perlu mengurangi populasi piton dengan mengadakan acara menangkap piton setiap tahun dengan hadiah uang tunai. Tahun ini sebanyak 68 ekor ular piton ditangkap dalam acara tersebut.

FWC terus menjalin koordinasi dengan ahli ular dan pemburu berlisensi dalam rangka mengurangi populasi piton Burma khususnya di Florida Selatan yang jumlahnya berlimpah.