Selasa, 28 Mei 2013

Pendapatan Orang Singapura Tertinggi di Dunia

International Monetary Fund (IMF) mengumumkan bahwa pendapatan rata-rata penduduk negara Singapura merupakan pendapatan rata-rata tertinggi di dunia, data tersebut disimpulkan berdasar pada pendapatan per kapita dan kemampuan daya beli masyarakat di negara tersebut.

Pendapatan Orang Singapura Tertinggi di Dunia

Menurut catatan IMF, pendapatan rata-rata tiap orang di Singapura mengalami peningkatan 2% dibanding tahun sebelumnya yaitu mencapai USD 61.567 (kurang lebih Rp 601,32 juta) per tahun. Hal ini membuat Singapura lebih unggul dibanding Swiss, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat dan Norwegia .

IMF juga memperkirakan kekayaan penduduk Singapura akan terus meningkat secara konstan hingga mencapai angka USD 77.000 pada tahun 2018. Hal ini didukung dengan langkah-langkah pemerintah Singapura yang terus memperkokoh posisinya sebagai hub bisnis konglomerasi internasional dalam rangka menarik minat berbagai perusahaan multinasional untuk berinvestasi di sana.

Pemberlakuan pajak yang relatif rendah di Singapura juga menjadikan negara Merlion ini dijadikan sebagai "tax haven". Orang superkaya dari berbagai penjuru dunia seperti Eduardo Saverin (salah satu pendiri Facebook) dan Brett Blundy (raja properti Australia) memilih pindah dan tinggal di Singapura untuk mengurangi pengeluaran pajak mereka.

Diperirakan oleh IMF, dalam rentang waktu 10 tahun ke depan, Singapura akan mengungguli Swiss sebagai pusat orang-orang superkaya menyimpan harta kekayaannya.