Sabtu, 30 November 2013

Analisa Foto Trik Terbang Deddy Corbuzier

Sebuah foto yang diunggah di account Twitter @Corbuzier memperlihatkan Dedi Corbuzier membuat seorang wanita terbang di sebelahnya menjadi pembicaraan di Kaskus.

Apabila dilihat secara lebih teliti, ada detil ganjil yang membuat foto tersebut "dicurigai" merupakan hasil editan.

Beberapa Kaskuser menganggap wanita dalam foto tersebut terlihat melayang akibat faktor ilusi optik dan permainan lensa saja, ada juga yang meyakini bahwa foto tersebut merupakan hasil editan menggunakan software Adobe Photoshop.

Analisa Foto Trik Terbang Deddy Corbuzier

1. Terlihat pemotongan yang kurang rapi yang meninggalkan sedikit sisa-sisa dari background lama.

2. Logikanya, obyek yang terbang rendah akan meninggalkan bayangan tepat di bagian bawah, namun pada foto terlihat bayangan lebih condong ke arah kanan.

3. Posisi ujung kaki seseorang yang rerbang biasanya akan lebih rendah dari tumit. Pada gambar terlihat bahwa ujung kaki sengaja direkayasa jadi meruncing agar terlihat lebih rendah dari tumit. Rekayasa tersebut membuat terlihat ukuran rubuh dan kaki menjadi tidak proporsional.

4. Bayangan yang jatuh menerpa dinding hanya terfokus pada satu titik saja, secara logika apabila cahaya berasal dari depan, maka bayangan akan lebih banyak menghiasi background.

5. Warna tangan dari sang wanita lebih pucat dan lebih terang dari tangan Dedi Corbuzier.

6. Terdapat kejanggalan pada sisi background yang kemungkinan sebelumnya telah dilakukan editing dengan membubuhkan fitur blur pada Adobe Photoshop. Secara logika, dengan format kamera yang mampu menimbulkan noise, maka unsur noise tidak akan hanya menerpa pada sisi-sisi tertentu saja, melainkan akan menyebar secara merata. Lain kasus apabila menggunakan kamera atau filter berjenis lomo atau sejenisnya.

Selain ke-6 poin di atas, apabila dipikir secara logika, jarak antara wanita dan sang Master juga tidak terlalu jauh, namun menjadi satu hal yang sedikit aneh, apabila ukuran sang wanita lebih kecil atau mengkerut dibandingkan Dedi Corbuzier.

Memang, belum dapat dibuktikan secara pasti apakah foto tersebut adalah hasil rekayasa atau bukan, namun tidak sedikit yang mengatakan bahwa foto itu adalah hasil edit Adobe Photoshop.