Selasa, 11 Maret 2014

Trik dan Cara Mengusir Tikus Secara Alami

Makhluk pengerat yang satu ini bisa menjadi sangat menjengkelkan. Selain menjijikan dan dapat membawa penyakit, kehadiran tikus di rumah biasanya berujung pada "tindak pidana" pencurian makanan dan perusakan barang.

Cara Alami Mengusir Tikus

Itulah sebabnya kita perlu segera mengusir tikus dari rumah jika mereka mulai menginvasi.

Tikus adalah salah satu hewan yang mampu beradaptasi dengan cepat dan terbilang cerdas. Setelah beberapa lama, jebakan dan lem tikus biasanya menjadi kurang efektif karena tikus mampu "belajar" menghindarinya.

Cara terbaik untuk mengusir tikus adalah dengan menggunakan cara-cara alami.

Berikut adalah beberapa cara alami mengusir tikus dari rumah:


Cara mengusir tikus secara alami adalah dengan membuat tikus merasa tidak nyaman untuk tinggal di rumah. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Memelihara Musuh Alami Tikus
Kehadiran pemangsa di rumah tentu akan membuat tikus-tikus menjadi merasa tidak leluasa dan tidak betah. Anda bisa memelihara kucing untuk membuat tikus takut. Ular juga bisa menjadi pilihan.

2. Mengganggu Pendengaran Tikus
Secara alami, tikus tidak menyukai suara bising dan suara jangkrik dipercaya bisa membuat tikus kabur karena merasa tidak nyaman. Jadi, peliharalah beberapa ekor jangkrik dan letakkan di tempat-tempat yang sering dilewati tikus.

3. Mengganggu Penciuman Tikus
Bau menyengat juga bisa membuat tikus pergi. Anda cukup meletakkan sumber bau di tempat tikus lewat, lama kelamaan hewan tersebut akan menghilang.

Beberapa "sumber bau" yang dapat Anda gunakan untuk mengusir tikus secara alami adalah Buah Mengkudu, Kulit Durian, dan Minyak Mint. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan Kamper / Kapur Barus.

4. Mengintimidasi Tikus Dengan Cara Unik
Ada dua cara unik untuk menakut-nakuti tikus agar mereka kabur dari rumah. Yaitu dengan mewarnai badan tikus menggunakan cat, dan dengan memotong ekor tikus.

Tangkap seekor tikus, lalu warnai badannya dengan cat besi atau cat kayu berwarna mencolok dan kemudian lepaskan agar tikus tersebut kembali bergabung dengan koloninya.

Jika Anda tidak ingin mengecat badan tikus, Anda cukup memotong ekornya sebelum melepaskan tikus tersebut. Hal ini akan membuat tikus-tikus lain takut dan kabur.

Nah, itu adalah beberapa cara alami untuk mengusir tikus dari rumah yang bisa Anda coba.