Kamis, 22 Mei 2014

Review Blackberry Z3 Jakarta

Harga Blackberry Z3 dipatok sebesar Rp. 2,2 juta yang membuatnya masuk bersaing di papan tengah yang penuh sesak diisi smartphone Android. Fitur tambahan berupa kemampuan untuk menginstall dan menjalankan aplikasi Android dengan format APK menjadi salah satu andalan Blackberry Jakarta.

Review Blackberry Z3 Jakarta

Lalu apakah Z3 siap bertarung dengan smartphone lain? Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan Si Jakarta ini.

Review Blackberry Z3 Jakarta


Menyandang status sebagai ponsel BlackBerry 10 termurah, Z3 mengadopsi teknologi layar sentuh dengan bentang layar 5 inci. Terlihat elegan dan minimalis dengan konstruksi kotak tanpa satupun tombol fisik di permukaannya. Tampilan layar dengan resolusi 960x540 (220 ppi) mampu menampilkan antarmuka yang jernih dan cukup tajam.

Saat digenggam, Si Jakarta terasa kokoh dan solid. Meskipun berbahan utama plastik, Z3 tidak memiliki kesan ringkih atau murahan. Body belakang memiliki tekstur bintik-bintik kesat sehingga tidak terasa licin di tangan. Sekilas, tampilannya mirip dengan smartphone Xperia besutan Sony.

BlackBerry Z3 dipersenjatai kamera utama di belakang dengan resolusi 5 Megapixel yang dilengkapi LED flash serta kamera sekunder 1,1 Megapixel di bagian depan.

Untuk ukuran smartphone seharga dua jutaan, kualitas kamera BlackBerry Jakarta cukup memadai walau tidak bisa dibilang istimewa. Dalam kondisi cahaya yang cukup, mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Kamera utama Z3 juga dilengkapi kemampuan merekam video dengan resolusi 1080p.

Dari sisi kinerja, BlackBerry Jakarta terasa cepat dan responsif saat dicoba menjalankan multitasking. Hal ini merupakan efek dari besarnya RAM yang dimiliki Z3 yaitu 1,5 GB. Jumlah yang lebih besar dibandingkan rata-rata smartphone sekelasnya.

Dukungan sistem operasi BlackBerry Versi 10.2.1 memungkinkan Blackberry Z3 untuk "menyamar" sebagai ponsel dengan OS Android Jelly Bean versi 4.2.2 sehingga mampu menginstall dan menjalankan aplikasi-aplikasi Android berformat APK secara langsung tanpa harus dikonversi.

Saat dicoba, Z3 memang mampu menjalankan aplikasi-aplikasi Android dengan normal. Terkadang ditemukan sedikit lag, namun tidak terlalu menganggu.

Kelebihan dan Kekurangan Blackberry Z3 Jakarta


Kelebihan:
+ Spesifikasi Blackberry Z3 lebih tinggi jika dibanding smartphone lain di kelasnya
+ Mampu menginstall aplikasi Android (APK) secara langsung tanpa konversi
+ Kualitas body bagus dan tidak terkesan murahan
+ Ukuran layar yang lebih lebar

Kekurangan
- Menu quick-settings belum bisa diakses dari dalam aplikasi
- Baterai tidak bisa dilepas
- Tidak mendukung fitur USB On The Go