Minggu, 07 April 2013

Fitur-Fitur Baru BlackBerry 10.1 OS

BlackBerry telah memperbaharui sistem operasi BB10 ke versi terbaru (10.1) yang akan dirilis bersamaan dengan produk BlackBerry Q10 akhir April 2013.

Menurut kabar, OS BB 10.1 dipersenjatai sejumlah fitur anyar seperti Word Prediction, BB Mobile Voice System Support, Mnemonic Phone Dialing, Dark Theme Support, Type N Go, Smartcard Support, Out-of-Box-Experience, serta beragam fitur lainnya.

BlackBerry juga mengklaim keberadaan keyboard fisik pada Blackberry Q10 akan membuat beberapa fitur akan lebih terasa jika dibandingkan dengan menggunakan Blackberry Z10.

Fitur Type N Go meningkatkan fitur pencarian terintegrasi dengan menambahkan pencarian melalui perintah.Type N Go digunakan dengan menekan Space Bar lalu mengetik perintah seperti BBM, call, email, atau update Facebook.

OS Blackberry 10.1Fitur Mnemonic Phone Dialing memungkinkan Anda men-dial nomor telepon melalui nama atau nomor.

Sedangkan jika Anda memasukkan nama, fitur akan memberikan beberapa opsi, yaitu: bbm nama yang dipilih, email kontak, atau meneleponnya. Anda juga bisa update Facebook langsung dari Search bar.

Dengan fitur Word Prediction, pengguna akan mendapat tiga prediksi kata di bagian bawah layar saat sedang mengetik. Terdapat juga beberapa shortcut dari keyboard , seperti menekan Shift dan Spasi untuk menggulir ke atas, Spasi untuk menggulir ke bawah, menekan 'i' untuk memperbesar dan 'o' untuk memperkecil, dan banyak lagi.

Pengembang aplikasi kini sudah bisa mendownload SDK for BB 10.1 OS dari situs resmi BlackBerry .