Rabu, 05 Juni 2013

Asus Transformer Book Trio: Tablet, Laptop, atau Desktop?

Asus Transformer Book Trio, menilik namanya mungkin membuat kita teringat pada film Transformers yang bercerita tentang mobil yang bisa berubah jadi robot. Tapi tentu saja Transformer Book Trio tidak bisa tiba-tiba menjelma menjadi robot yang bertarung menyelamatkan bumi.


Ada alasan khusus mengapa perangkat besutan Asus ini diberi nama Transformer Book Trio, yaitu kemampuannya untuk berubah-ubah menjadi Tablet, Laptop, atau Desktop sesuai kebutuhan penggunanya.

Selama ini kita telah mengenal notebook yang dapat berubah menjadi tablet atau yang dikenal dengan sebutan Notebook hybrid / convertible ultrabook. Asus melakukan inovasi baru dengan memproduksi Transformer Book Trio yang dapat berubah menjadi tiga mode, yaitu tablet, laptop,dan desktop atau All in One PC.

Asus Transformer Book Trio

Transformer Book Trio dipamerkan di acara pameran Computex 2013 yang digelar di Taipei dan menjadi perangkat 3 in 1 pertama di dunia yang beroperasi menggunakan dua sistem operasi, yaitu Android 4.2.2 Jelly Bean dan Windows 8. Untuk memilih sistem operasi yang digunakan, pengguna cukup menggunakan tombol khusus yang disediakan.

Tanpa keyboard, Transformer Book Trio adalah sebuah tablet. Lalu jika dipasangkan dengan keyboard, perangkat ini dapat berubah menjadi laptop atau menjelma menjadi PC desktop saat dipasang PC Station dock.

Dibekali layar kapasitif touchscree berukuran 11,6 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel, Transformer Book Trio mengandalkan prosesor dengan kecepatan 2GHz dari Intel Atom Z2580 dual-core dan menyediakan ruang sebesar 64GB untuk penyimpanan internal.

Saat dalam modus desktop, Transformer Book Trio menjalankan PC Station yang memiliki prosesor sendiri, yaitu Intel Core i7 generasi Haswell dan dilengkapi hard disk dengan kapasitas sebesar 750GB.

Menurut kabar, perangkat tiga muka ini akan dilempar ke pasaran pada kuartal ketiga tahun 2013, namun belum ada informasi pasti mengenai harga Asus Transformer Book Trio ini.